Tips pencahayaan ruang kerja yang sehat di mata

Oscarliving.co.id – Tidak banyak dari kita yang mengetahui tentang pencahayaan yang baik untuk ruang kerja, akibatnya mata kita sering mengalami kelelahan atau lebih parah lagi. Mata yang lelah bisa disebabkan oleh banyak faktor yaitu, terlalu lama bekerja dengan komputer, banyak membaca buku, dan masih banyak lagi. Kelelahan pada mata mampu menyebabkan kelainan refraksi mata seperti hyperopia, myopia, atau mata silinder. Mata yang lelah tentu saja disebabkan oleh pencahayaan yang buruk saat berkativitas. Hal ini merupakan akibat dari cahaya yang terlalu silau, oleh sebab itulah pencahayaan di tempat kerja atau ruang belajar sangat penting untuk diperhatikan. Apalagi yang beraktifitas sebagian besar di komputer yang cukup lama.

bro-ak-bank
Ruang belajar atau ruang kerja membutuhkan general lighting atau lampu yang biasa dipasang di plafon ruang dengan kekuatan sekitar 300 lux. Anda dapat menambahkan task lighting atau lampu baca dengan kekuatan 160 lux untuk mendukung pencahayaan sehingga cahaya terang akan langsung fokus pada area kerja atau buku. Biasanya ini dikenal sebagai iluminasi horisontal yang memberi titik terang pada bidang horizontal secara merata yakni meja kerja di ruangan Anda.

Hal penting yang wajib diingat adalah lampu tersebut wajib diletakkan di samping kiri. Hal tersebut bertujuan supaya pencahayaan tidak terhalang bayangan diri Anda. Dengan pencahayaan yang tepat, mood kerja Anda tentu akan meningkat.

Lantas bagaimana cara menentukan pencahayaan ruang kerja yang tepat? berikut Tips pencahayaan ruang kerja yang sehat untuk mata!

Tingkatan Pencahayaan

Tergantung dari aktivitas yang Anda lakukan, semakin tinggi kerja mata, maka semakin tinggi juga lux level yang dibutuhkan di ruangan tersebut. Jenis aktivitas yang memerlukan kinerja mata yang tinggi misalnya menulis, membaca, dan menggambar. Kegiatan ini membuat Anda harus benar – benar fokus dan melihat secara seksama apa yang sedang Anda kerjakan.

Pencahayaan yang Merata

Pencahayaan merata di bidang kerja yang ada di dalam ruang kerja dapat mengurangi kinerja mata dan  adaptasi mata sehingga membuat mata tidak cepat lelah. Oleh sebab itu pastikan pencahayaan ruang kerja terjadi secara merata.

Tidak Silau

Sebaiknya hindari meletakkan lampu yang langsung berhadapan dengan pembaca. Sebagai alternatif untuk mengurangi silau, Anda dapat menggunakan louvre.

Jenis Lampu

Pilihlah jenis lampu dengan elektronik ballast yang dapat menghasilkan gelombang dengan frekuensi tinggi. Lampu dengan frekuensi yang rendah dapat membuat mata cepat lelah, bahkan walaupun hanya sebentar bekerja dengan pencahayaan dari lampu tersebut. Lampu dengan frekuensi rendah memiliki frekuensi antara 30 Hz hingga 70 hz. Jadi pilihlah lampu dengan frekuensi di atas rentang tersebut.

Tingkat pencahayaan

Demikian beberapa Tips pencahayaan ruang kerja yang sehat untuk mata. Jika selama ini pencahayaan di ruang kerja masih kurang tepat, maka ini adalah saatnya untuk mengganti atau mengatur ulang sistem pencahayaan tersebut untuk meningkatkan produktivitas kerja Anda.

Be Sociable, Share!

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *